Syarat Menjadi Pramugari International Yang Perlu Anda Ketahui

Syarat Menjadi Pramugari International Yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda memiliki keinginan untuk melanglang buana ke berbagai negara di dunia? Apakah Anda tipe orang yang selalu bersemangat untuk menjalin hubungan pertemanan dengan orang-orang dari berbagai latar belakang?

Ada banyak jenis pekerjaan yang sebenarnya bisa mendukung mimpi Anda tersebut. Anda bisa saja memilih karir di organisasi non-pemerintah dengan cakupan kerja internasional atau menjadi seorang pramugari.

Tentu saja, syarat menjadi pramugari international tidaklah sederhana. Meski begitu, banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh dan akan sayang jika dilewatkan melalui profesi ini.

Enam Syarat Menjadi Pramugari International yang Wajib Diketahui

Pramugari internasional melayani rute penerbangan dari dan keluar negeri dengan penumpang yang berasal dari berbagai negara.

Baca Juga : Apakah Syarat Menjadi Pramugari Harus Bisa Bahasa Inggris? Inilah Jawabannya

Mereka harus siap sedia kapanpun ketika diminta maskapai untuk mengikuti tugas penerbangan ke tujuan yang jauh.

Agar dapat memenuhi tugas dengan baik, pramugari di maskapai penerbangan internasional harus dapat memenuhi syarat-syarat berikut.

1. Persyaratan Usia Minimal

Individu yang berminat untuk menjadi pramugari yang berurusan dengan penerbangan internasional diharapkan untuk berusia setidaknya 20 tahun.

Ketika Anda bekerja di maskapai internasional di luar negeri, ada kemungkinan untuk dihadapkan pada segelintir dokumen rumit yang membutuhkan kecakapan Anda untuk penyelesaiannya. Selain itu, usia legal minimum di setiap negara bisa berbeda.

2. Kualifikasi Pendidikan

Syarat menjadi pramugari international yang kedua adalah memiliki kualifikasi pendidikan yang diharapkan. Gelar SMA atau tingkat pendidikan sederajat seringkali dianggap cukup bagi pramugari domestik.

Meskipun begitu, gelar diploma atau sarjana sangat diutamakan bagi pramugari yang terlibat dalam penerbangan internasional. Lulusan dari jurusan kepramugarian atau pariwisata lebih diminati untuk profesi ini dibandingkan lulusan dari jurusan yang lain.

3. Postur Badan yang Ideal

Tentunya seorang pramugari diharapkan untuk memiliki postur badan ideal. Hal ini perlu dipenuhi bukan karena faktor estetika saja. Pramugari bertubuh ideal akan melaksanakan tugas lebih baik dari yang tidak.

Tinggi badan minimal yang diterapkan adalah 162 cm dan maksimal adalah 185 cm. Persyaratan ini bervariasi antara satu maskapai dengan maskapai lainnya.

Berat badan perlu seimbang dengan tinggi badan individu dan terbagi dalam proporsi yang tepat.

4. Kemampuan Komunikasi dan Bahasa Asing yang Baik

Pramugari diharuskan untuk menunjukkan kemampuan interpersonal yang baik. Salah satu contohnya adalah dalam hal komunikasi.

Ada kalanya Anda menemukan penumpang yang sulit diatur. Anda perlu memiliki kemampuan komunikasi yang santun dan juga bahasa Inggris yang fasih jika ingin menjadi pramugari internarnastional.

5. Belum Terikat Pernikahan

Syarat menjadi pramugari international yang berikutnya adalah belum terikat oleh status menikah, karena ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh seorang yang sudah menikah.

Seorang pramugari di maskapai internasional bisa jadi diminta untuk bertugas berpuluh-puluh jam dalam seminggu dan tinggal di luar negeri. Hal ini akan sulit dilakukan jika individu sudah menikah.

6. Kemampuan Berenang yang Memadai

Pramugari harus siap untuk menghadapi berbagai kondisi, salah satunya adalah kondisi darurat. Untuk mengantisipasi hal tersebut pramugari harus bisa berenang.

Pramugari dalam penerbangan-penerbangan internasional diharapkan untuk memiliki kemampuan berenang yang memadai. Kemampuan tersebut akan sangat berguna jika pesawat mengalami kecelakaan atau tersesat di antah-berantah.

Baca Juga : Keterampilan Yang Diperlukan Untuk Menjadi Pramugari Maskapai Penerbangan

Jika Anda menyukai tantangan yang lebih, menjadi pramugari dalam penerbangan internasional bisa jadi merupakan pilihan karir yang tepat.

Syarat menjadi pramugari international di atas seharusnya dapat membantu Anda mempersiapkan hal-hal yang akan mendukung kelancaran pekerjaan di dalam bidang ini ke depannya. Selamat mencoba posisi ini!

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Syarat Menjadi Pramugari International Yang Perlu Anda Ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai